Selasa, 25 November 2008

Cara Meng-update AntiVir Personal 8

Download Master dan Update Antivir terbaru langsung dari Avira serta langkahnya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk meng-update AntiVir Personal 8 pada komputer yang tidak terhubung ke internet.

Download file update antivir terbaru, langsung dari server Avira :

- Master AntiVir Personal 8 - XP
- Update AntiVir Personal 8 - XP (ivdf_fusebundle_nt_en.zip)
- more..

Berikut adalah langkah-langkah update-nya :

Langkah 1
Download file ivdf_fusebundle_nt_en.zip di internet.
ivdf_fusebundle_nt_en.zip

Filetsb dapat Anda dapatkan di blog ini. File yang Anda download ini langsung berasal dari Avira, sehingga Anda mendapatkan data yangterbaru.
Download Sekarang atau kunjungi
Avira

File ini berisi informasi tentang virus sampai tanggal saat Anda download.
Agar lebih cepat, gunakanlah Internet Download Manager.
Kemudian bawa pulang file tsb kerumah Anda, lalu copy ke computer Anda.
Ingat..!
File tsb ivdf_fusebundle_nt_en.zip tidak boleh di-rename.

Langkah 2
Bukalah AntiVir Personal 8 Anda
Caranya : klik dua kali pada icon antivir.
Icon Antitvir
Tunggu sampai terbuka.

Langkah 3
Pilih menu Update, lalu klik Manual update…
Icon Antitvir

Langkah 4
Setelah muncul kotak dialog open, carilah letak file ivdf_fusebundle_nt_en.zip yang telah Anda copy ke computer. Lalu klik pada file tsb, kemudian klik open.
Icon Antitvir [ Perbesar Gambar ]

Langkah 5
Tunggu sejenak, AntiVir Personal 8 sedang melakukan update.
Icon Antitvir

Langkah 6
Setelah keluar pesan seperti di bawah ini, berarti update berhasil. Klik OK.
Icon Antitvir

Langkah 7
Tutup AntiVir Personal 8 Anda.
Duahari kemudian, Antivir meninta update lagi saat computer dihidupkan.Jika Anda tidak melakukan update tidak apa-apa, tetapi Antivir Andatidak akan dapat mendeteksi(mengetahui) virus yang terbaru. Karena,virus terus berkembang dari hari ke hari.
Oleh karena itu, update-lah seminggu satu kali saja supaya lebih hemat.

FAQ : Gagal update manual

Berhubung banyaknya pertanyaan tentang gagal update, maka saya akan mengulas lagi kemungkinan² penyebab gagalnya update manual.

  • Pastikan bahwa update file iVDF yang anda unduh sesuai dengan versi OS yang anda pakai. misalnya ivdf_fusebundle_nt_en.zip untuk Wind*ws XP. (Sebenernya yang ini kayanya jarang terjadi sih, tapi berhubung pernah terjadi maka saya tulis :mrgreen: ) Kalau anda yakin bahwa file yang anda download sudah benar, tapi masih gagal juga, lihat ke bawah
  • Pastikan lisensi anda belum expired. Jika lisensi anda sudah expired, Tapi jika lisensi anda belum expired tapi masih gagal juga, lihat ke bawah
  • Pastikan bahwa file iVDF anda tidak rusak / corrupt. cara memastikannya mudah saja, karena file iVDF berbentuk *.zip, jika file nya tidak corrupt, anda dapat mencoba mengekstrak file tersebut dengan menggunakan program Kompresi seperti Winzip, Winrar, dsb. Jika berhasil, artinya file anda tidak rusak. Jika gagal, anda dapat menemukan alasan rusaknya file lewat keterangan yang diberikan program² diatas.

Masih gagal juga ?

Kalau masih gagal juga kita dapat melakukan update, tanpa mengikuti langkah² diatas, dengan cara sebagai berikut

( :!: *Peringatan. cara² berikut ini sebaiknya dilakukan HANYA jika langkah² diatas gagal - “emergency use only”)

Ada dua cara :

  1. Menggunakan file iVDF, atau
  2. Menggunakan file² Antivir PE C dari komputer lain yang telah sukses ter-update

Jika anda sudah mendapatkan salah satunya, maka langkah² yang harus anda lakukan :

  1. Pastikan bahwa UserID yang sedang anda pakai mempunyai izin sebagai Computer administrator, karena cara ini hanya bisa dilakukan dengan akses sebagai Computer administrator. (lihat “Control panel” :arrow: “User Accounts” untuk memastikan)
  2. Buka “run” dari start menu. ketik “services.msc” (tanpa koma), trus OK. akan muncul jendela “Services”. Dalam daftar, cari “AntiVir PersonalEdition Classic Guard” dan “AntiVir PersonalEdition Classic Scheduler” dan kemudian hentikan (klik kanan pada masing² service tersebut dan klik “stop”)
  3. Buka “task manager” dengan kombinasi tombol sakti Oom Bill Ctrl + Alt + Del. Kemudian akan muncul jendela Wind*ws Task Manager, buka tab “Processes”, kemudian klik avgnt.exe trus matikan (dengan klik “End Process”).
  4. Jika anda menggunakan file iVDF (pilihan 1),ekstrak file tersebut dengan menggunakan program Kompresi seperti Winzip, Winrar, dsb. Jika berhasil, pindahkan semua file hasil ekstrak tadi (antivir0.vdf, antivir1.vdf, dll.) ke folder dimana anda menginstal Antivir PE C (Biasanya, secara default antivir akan terinstall ke folder C:\Program Files\AntiVir PersonalEdition Classic). Jika gagal karena filenya rusak / corrupt, anda harus mendownload lagi.
  5. Jika anda menggunakan file² dari komputer lain yang berhasil terupdate, cukup copy semua file di folder Antivir PE C (misal C:\Program Files\AntiVir PersonalEdition Classic) dan salin ke komputer anda, tempat anda menginstall Avira PE C (biasanya di C:\Program Files\AntiVir PersonalEdition Classic)(*makasih buat bro xemutz buat sarannya ;) )
  6. Restart komputer anda.

tambahan :

apabila anda sudah melakukan Update yang terbaru, tapi masih belum bisa mendetect suatu virus yang ada pada komputer anda, kirimkan sampel virus tersebut kepada Avira Gmbh (perusahaan pembuat Antivir).

link email yang disediakan Avira Antivir® untuk menerima sampel virus dari penggunanya adalah virus(at)avira dot com. Atau bisa langsung mengakses halaman situs mereka untuk mengupload sample virus langsung dari situs Avira di www.avira.com/en/support/submit_suspicious_files.html. Kalau dari pengalaman saya, tidak lebih dari dua hari mereka akan memasukkan signature atau pengenal virus tersebut kedalam database (atau definition file) mereka sehingga antivir dapat men-detect dan menghapus virus tersebut.

Sebaliknya, apabila ternyata Antivir men-detect suatu file yang anda pikir bukan virus, kirimkan melalui link tersebut, dengan mengganti Option yang ada di File type: menjadi “False Positive Suspicion”.

Jangan lupa kasih komentar (Reply) jika anda berhasil, menemui kesulitan atau gagal dalam meng-update antivir. Semoga bermanfaat

Bagaimana caranya memperpanjang lisensi Antivir personal edition ?
Setiap sebulan sebelum lisensi habis, avira selalu menyediakan master antivir dengan lisensi yang baru dan juga disediakan file lisensi yang baru.

Jadi ada 2 pilihan untuk memperpanjang lisensi :
1. Mendownload master yg baru, menguninstall master yang lama kemudian install master yang baru
2. Mendownload file lisensi, kemudian meng-copy nya ke directory dimana antivir diinstall

Untuk mendownload semua file itu, anda tinggal buka situs avira : www.free-av.com/antivirus/allinonen.html

Tapi saya pribadi lebih menyarankan agar anda mengikuti cara yang pertama (download master yg baru). Jika kita mendownload master yang baru kita juga akan mendapatkan engine yg baru. tidak sekedar lisensi baru saja.

Setelah selesai download, jangan langsung menginstall master programnya. Anda harus menguninstall Antivir PE dari komputer anda. Apabila anda langsung menginstall master baru tersebut, maka lisensi Antivir anda tidak akan bertambah. Anda dapat menguninstall Avira PE dari menu Control Panel, Add or Remove Programs (Anda harus login sebagai Administrator agar dapat menguninstall suatu program), Avira Antivir PE Classic dan klik Remove.

Setelah menguninstall Avira Antivir, Restart komputer anda dan jalankan proses install dari master program Antivir yang baru. Setelah proses install tersebut, jangan lupa untuk melakukan update

Semoga bermanfaaat
Salam
Dedy Setiawan

Tidak ada komentar: