Kamis, 13 November 2008

Kontrol Penggunaan Pulsa Internet GSM & CDMA dengan NetCost 5

Kontrol Penggunaan Pulsa Internet GSM & CDMA dengan NetCost 5

Downlod Net Cost Disini:

Menggunakan handphone atau usb modem sebagai sarana koneksi menjadi salah satu alternatif yang saat ini mulai banyak digunakan. Salah satu alasannya adalah fleksibilitas, kita bisa melakukan koneksi dimanapun kita berada dengan laptop, asal sinyal operator GSM atau CDMA kita lancar.

Tapi ada hal penting yang harus selalu kita perhatikan, yaitu pulsa yang kita habiskan untuk melakukan koneksi internet tersebut. Kalau hal ini tidak kita perhatian tentu kita akan tekor karena tagihan bulanan melonjak, atau tiba-tiba koneksi terputus karena pulsa prabayar kita habis. Nah, kalau sudah begini, bisa mengganggu pekerjaan kita dong.

Ada satu aplikasi untuk PC yaitu NetCost 5 yang dapat membantu kita dalam mengatur dan mengontrol penggunaan pulsa GSM atau CDMA kita, minimal kita bisa mengetahui berapa rupiah yang kita habiskan selama kita berpetualang di dunia maya, dan juga membatasi penggunaan pulsa kita tersebut.

Langkah pertama, install aplikasi yang telah didownload tadi di PC atau laptop. Kemudian jalankan aplikasi tersebut, dan pilih ‘Connection Manager’ pada menu ‘File’.

Langkah kedua, pilih ‘New Connection’ (jika koneksi yang biasa anda gunakan tidak ada di dalam daftar Connection). Sebaliknya jika koneksi sudah ada, sorot koneksi yang digunakan kemudian pilih ‘Edit’.

Langkah ketiga, pilih ‘Properties’ untuk melihat seting koneksi internet apakah sudah benar.

Langkah keempat, setelah yakin seting koneksi internet benar sekarang saatnya mengatur tarif dengan memilih ‘Tariff plan Manager’. Kemudian pilih ‘Create New’ untuk membuat aturan penghitungan tarif yang baru.

Langkah kelima, pada tab ‘Tariff plan info’ isi kolom ‘Provider’ dengan nama koneksi yang kita gunakan, kemudian pilih ‘Charge per second’ untuk koneksi dengan ‘Time Base’ atau ‘Charge per KB transferred’ untuk koneksi dengan ‘Volume Base’. Sebagai contoh di sini saya menggunakan ‘Volume Base’

Untuk penentuan jenis mata uang kita pilih satu satu (mengingat mata uang Rp tidak tersedia, pilih saja UERO karena untuk mata uang lain kita harus memperhitungkan kurs yang selalu berubah).

Masuk ke tab ‘Days’, di sini kita akan menentukan perhitungan tarif perhari (jika tarif setiap harinya adalah sama alias tidak ada promo pada hari-hari tertentu, maka kita isikan sama untuk perhitungan per harinya), di sini saya menggunakan tarif dari Starone sebesar 50 rupiah (EURO dengan pilihan sebelumnya) per menit (60 detik).

Setelah kita seting tarif perhitungan tadi, kemudian simpan seting ini.

Langkah keenam, menentukan limit penggunaan pulsa kita bisa mengaturnya melalui menu ‘View’ kemudian ‘Setting’ pada aplikasi NetCost 5.

Pilih tab ‘Cost warning level’, di sini kita menentukan warning atau peringatan atas penggunaan pulsa kita. Yellow level adalah batasan tengah, di sini saya isikan 1000 (nilai di sini adalah 1000 rupiah), kemudian Red level adalah limit atau batas maksimal penggunaan pulsa, di sini saya isikan 2000 (nilai di sini adalah 2000 rupiah). Untuk masing-masing level akan memberikan peringatan suara kepada kita yang tentu saja akan membantu kita jika pulsa yang terpakai sudah mendekati limit, jadi kita bisa bersiap-siap untuk mengakhiri koneksi internet. Selesai sudah seting NetCost 5.

Untuk memulainya kita bisa melakukan koneksi melalui NetCost 5 ini, dengan memilih menu ‘File’, kemudian ‘Connect’ lalu pilih koneksi yang kita gunakan.

ika koneksi berhasil dijalankan, maka NetCost 5 akan mulai menghitung dan menunjukkan penggunaan pulsa kita.

Bersamaan dengan berakhirnya koneksi, maka NetCost kembali akan menampilkan total pemakaian koneksi internet kita.






Tidak ada komentar: