Minggu, 18 Mei 2008

SIMPAN DATA ONLINE

Masih ada layanan media simpan gratis di internet.

Ingin berbagi-pakai koleksi video sebesar ratusan Megabyte dengan sahabat? Media simpan online bisa jadi salah satu pilihan. Presentasi regular juga bisa Anda taruh di dalamnya, agar sewaktu-waktu bisa Anda tunjukkan kepada klien sambil ngopi di kafe ber-hotspot.

Memang bukan sesuatu yang baru. Akhir 1990-an hingga awal 2000, layanan internet drive sempat popular. Sayang, perubahan konsep bisnis, dari gratis menjadi berbayar, membuat pelanggannya buyar.

Siapa sangka, layanan tersebut bertahan hingga kini. Selain muka-muka lama, wajah baru yang melayani media simpan online bermunculan. Tak sedikit pula yang menyediakan kapasitas simpan ratusan Megabyte, hingga Gigabyte. Kebanyakan menyediakan secara gratis, walau ada juga versi berbayarnya.

Sebut saja MegaUpload www.megaupload.com yang memungkinkan Anda menitipkan file hingga 500 MB secara percuma, tanpa batasan waktu. Selama file tersebut sering di-download, maka file akan tetap disimpan oleh server. Sebaliknya, bila dalam waktu lebih dari 30 hari tidak ada aktivitas men-download-nya, Megaupload secara otomatis menghapusnya. Tipe file yang bisa dititipkan tak terbatas, asalkan tidak melebihi kuota. Artinya, mulai dari koleksi MP3, foto, video, aplikasi, hingga dokumen presentasi pekerjaan Anda bisa dititipkan.

Untuk menggunakannya tidaklah sulit, bahkan Anda pun tak perlu mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Tinggal pilih file, lalu upload. Setelahnya, Anda akan mendapatkan alamat web tempat file tersebut bisa di-download. Agar lebih jelas, ikuti panduan yang kami berikan di akhir artikel ini.

Layanan media simpan online lain bisa Anda temukan di situs www.rapidshare.de. File apa saja bisa Anda titipkan, selama besarnya maksimal 50 MB per file. Jumlahnya terserah Anda. Bila Anda memiliki file lebih besar dari batasan maksimal, pecahlah dulu menjadi beberapa file. Layanan ini juga bakal menghapus file yang tidak diakses selama 30 hari.

Pada versi gratis, Rapidshare membatasi jumlah file yang bisa di-download per jam berdasarkan alamat IP. Bila Anda baru saja men-download file berukuran puluhan Megabyte dari server, perlu sekitar satu jam untuk bisa mengambil file lainnya. Tersedia layanan premium bila Anda ingin meningkatkan hak akses, mulai dari 10 euro (sekitar Rp 120.000).

Lain lagi layanan yang diberikan oleh www.mytempdir.com. Layanan penitipan file di internet ini membatasi lama penyimpanan file di servernya hingga 14 hari saja, atau ketika file telah di-download sebanyak 800 kali. Selebihnya, file akan langsung dihapus dari server.

Seperti juga kebanyakan layanan serupa, untuk menggunakan Mytempdir.com Anda tidak perlu mengisi formulir registrasi. Tinggal pilih file yang ingin Anda upload, lalu klik tombol [host it].

Pengguna Gmail (www.gmail.com) sebenarnya bisa memanfaatkan layanan berkapasitas 2 GB itu sebagai media simpan internet pribadi. Dengan aplikasi

Gmail Drive

shell extension, Anda dapat menyimpan file dalam e-mail account langsung dari komputer.

Download dari situs www.viksoe.dk/code/gmail.htm, kemudian instal. Sebuah drive tambahan akan langsung terlihat dan bisa diakses melalui Windows Explorer. Syaratnya, komputer harus terkoneksi dengan internet. Bayangkan, dengan metode ini Anda akan mendapatkan tambahan drive baru dengan kapasitas 2 GB.

Sayang, karena aplikasi kecil ini bukan aplikasi resmi Gmail.com, si empunya aplikasi pun tak menjamin sampai kapan aplikasi ini dapat terus bisa digunakan.

Salah satu penyedia layanan media simpan online terbaru, dan paling spektakuler kapasitasnya, adalah Streamload. Layanan yang bisa didapat dari situs www.streamload.com ini memungkinkan Anda menyimpan 10 GB data atau setara dengan empat jam klip video beresolusi tinggi, 2.000 file MP3, atau 10.000 foto di server mereka secara gratis. Memang, sih, versi gratisnya membatasi setiap pengguna hanya men-download tak lebih dari 100 MB per bulannya.

Tak hanya itu, Streamload juga memungkinkan Anda mengirim file berukuran hingga 50.000 GB atau 50 Terra Byte kepada pelanggan berbayarnya secara gratis.

Itulah sedikit contoh layanan media simpan yang tersedia gratis di internet. Bila akses internet tidak menjadi kendala bagi Anda, tak ada salahnya untuk menjajal layanan gratisan ini.

Menggunakan MegaUpload
Data Anda bisa diakses dari mana-mana.


Rasakan sendiri manfaat memakai layanan MegaUpload. Asalkan PC yang Anda pakai terhubung ke internet, menggunakan layanan seperti ini sungguh gampang. Yang perlu dihitung justru kecepatan koneksi internet PC Anda. Semakin lama, ya, semakin mahal membayar biaya koneksinya. Silakan bandingkan dengan biaya membeli media simpan portabel.

LANGKAH 1
Sambangi situs www.megaupload.com. Klik [Browse…] untuk mulai meng-upload data. Browse dan pilih file yang akan di-upload. Klik [Open].

LANGKAH 2
Masukkan alamat e-mail penerima dan alamat e-mail Anda, berilah deskripsi singkat mengenai file yang akan Anda upload pada boks yang tersedia, lalu klik [Send].

LANGKAH 3
Tunggu beberapa saat, dan di layar akan terlihat status dan estimasi waktu upload. Setelah prosesnya rampung, Anda akan mendapatkan alamat web untuk men-download file tersebut.

LANGKAH 4
Untuk men-download file, Anda tinggal mengakses alamat web yang ada di Langkah 3. Tunggu beberapa saat hingga di layar muncul tombol [Click here to download]. Klik, lalu pilihlah opsi [Save] untuk men-download.

Yang menarik, Google hingga kini belum menyediakan file storage online semacam ini, padahal begitu banyak service yang ditawarkan Google, semuanya berhubungan dengan penyediaan kapasitas yang besar. Gmail hampir 3GB free, Blogger hampir unlimited, kemudian ada Google Page Creator yang bisa simpan free 100 MB. Belum lagi Google Apps for Your Domain yang menyediakan 2 GB free mail server.

Yang lain, rasanya masih banyak, tapi rata-rata setelah saya coba, terlalu banyak aspek komersial. Ada yang harus selalu digunakan, kalau tidak, 3 bulan account akan hangus, kuno...

Bagi penggemar web design, kita sering memerlukan online storage yang bisa memberikan URL statik sehingga bisa dipakai untuk menyimpan file image, atau download file di tempat lain tanpa harus memenuhi web server kita. Nah... coba pakai Google Page Creator. Aplikasi online ini sebenarnya diperuntukkan untuk para pemula yang ingin membuat website, memang gampang sekali, pola drag and drop lah... hebat. Tapi... ya... sangat terbatas kemampuannya. Yang justru bisa berguna dipakai adalah penyimpanan file hingga 100 MB nya. OK, setiap file otomatis punya URL statis yang bisa secara mudah dibuat link kearah situ.

Silahkan coba di http://pages.google.com Lumayan lah... kalau perlu space buanyak, tinggal buat multiple account. Sepuluh account sudah bisa dapat 1 GB, besar euy...

Ingat, ini jaman Web 2.0, semuanya semakin besar dan semakin mudah.

Yang lain, yang menarik lagi adalah http://rapidshare.com Layanan yang satu ini benar-benar gila-gilaan, walaupun belum tahu kesinambungannya di masa depan. Tapi konsepnya menarik. Kita tidak punya account. Masuk saja ke website nya, langsung upload file kita. Siapapun bisa meng-upload file hingga 100 MB sekali upload. Tidak ada batasan download traffic juga, 1 file bisa di download unlimited. Setiap file akan mendapatkan unique URL statis. Enak sekali... tapi ya itu, tidak ada privacy karena file kita akan menjadi full milik publik, tidak bisa dihapus atau diganti... dan tampaknya bisa di search (searchable). Mungkin kedepan mereka ingin mendapat pemasukan uang dari sisi ini.

Selamat mencoba...

Update:
Bagi yang senang buat web, silahkan coba freehostia.com, ini juga gila-gilaan, free dengan fitur sbb:

  • 250 MB disk space
  • 5 GB bandwidth
  • 2 domains hosted
  • No forced ads
Pokoknya persis seperti kita hosting di tempat berbayar biasa. Kalau belum punya duit, kita bisa pakai subdomain dari mereka, jadi alamat web kita adalah http://namakita.freehostia.com. Tapi kalau sudah punya uang, bisa beli domain sendiri dan kita bebas pakai selama masih dalam batas 250 MB (contoh teman saya yang pakai di http://madhy-cyber.web.id. Sip kan? Gak ketahuan sama sekali kalau itu free hosting). Untuk pemula dan pengguna sederhana, sangat OK. Tapi kalau website nya sudah ramai, kendala akan ada di limit traffic yang hanya 5 GB per bulan.

Tidak ada komentar: